Alat Kesehatan Rumah Sakit Bag II

Alat Kesehatan Rumah Sakit – Rumah sakit dan alat kesehatan dalah seperti satu sisi mata uang. Rumah sakit tanpa alat kesehatan tidak mungkin akan berfungsi dan berwujud rumah sakit. Ada berbagai macam alat kesehatan yang ada di rumah sakit yang semuanya itu merupakan pendukung dan penunjang kegiatan di rumah sakit sebagai salah satu pusat pelayanan kesehatan. Artikel ini lebih lanjut akan membahas tentang alat kesehatan rumah sakit. Selamat mengikuti.

 

Pembaca yang bijaksana dimanapun anda berada, kami harap anda semua dalam keadaan sehat dan selalu semangat dalam menjalani hari – hari anda. Pada kesempatan kali ini, kita akan memcoba membicarakan hal tentang alat kesehatan di sebuah rumah sakit sebagai tempat pelayanan kesehatan yang paling umum dijumpai dimasyarakat. Apa saja alat kesehatan yang ada di rumah sakit dan fungsinya untuk apa ? Kita akan membahasnya sesaat lagi.

 

Pengertian Alat Kesehatan

 

Pembaca sekalian tentu telah tahu apa yang dimaksud dengan alat kesehatan bukan ? Alat kesehatan merupakan peralatan, instrument, apparatus, mesin dan implant yang berfungsi untuk mendiagnosa, menyembuhkan, penyakit, merawat orang sakit dan juga berfungsi untuk membentuk struktur dan jaringan tubuh.  Alat kesehatan bisa berupa mesin, instrument, alat, apparatus dan implant.

 

Alat kesehatan memiliki peran yang sangat penting untuk sebuah rumah sakit atau pusat pelayanan kesehatan di satu tempat. Seperti telah kita sebutkan diatas bahwa alat kesehatan dan rumah sakit diibaratkan seperti dua sisi mata uang. Uang dengan satu sisi saja tidak dapat anda gunakan untuk membeli sesuatu. Sama halnya rumah sakit, tanpa alat kesehatan tidak mungkin dapat disebut rumah sakit.

 

Rumah sakit identik dengan alat kesehatan. Bagaimana tidak, pandangan orang ketika dia akan dirawat di rumah sakit mereka mengatakan bahwa saya akan di infuse. Infus adalah alat kesehatan. Dengan kata lain, infus adalah sesuatu yang ada di sebuah rumah sakit.

 

Pengertian Rumah Sakit

 

Saya tidak akan membahas panjang lebar tentang apa yang disebut dengan rumah sakit. Saya akan jelaskan dengan kemampuan saya beropini tentang rumah sakit ini. Rumah sakit terdiri dari subjek dan keterangn. Namun bukan berarti sakit menerangkan subjek. Rumah sakit bukan berarti rumah yang sakit namun rumah yang diguanakn untuk merawat orang – orang yang sedang sakit.

 

Puskesmas dan pusat pelayanan kesehatan yang berfungsi untuk merawat dan memeriksa orang sakit dapat diartikan sebagai rumah sakit. Rumah sakit banyak tesebar di mana – mana dengan banyak istilah namun satu fungsi dan tujuanya yaitu membantu orang yang sedang sakit untuk menyembuhkanya.

 

Hubungan Alat Kesehatan Dan Rumah Sakit

 

Disini pembaca sekalian pasti sudah dapat memahami dan mengerti apa hubungan rumah sakit dengan alat kesehatan. Beberapa kali telah kita jelaskan diatas mengenai huungan ini. Alat kesehatan dan rumah sakit adalah sesuatu yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain.

 

Rumah sakit tanpa alat kesehatan tidak dapat disebut rumah sakit. Karena rumah sakit berfungsi dengan alat kesehatan. Rumah sakit penuh dengan alat kesehatan. Kita coba lihat saja bagaimana dokter memeriksa pasien. Stetoskop, adalah alat kesehatan. Dokter memberikan suntikan obat kepada pasien. Alat suntik merupakan alat kesehatan. Dan lain sebagainya.

 

Dengan demikian dapat kita tarik beberapa kesimpulan mengenai hal ini. Hubngan antara rumah sakit dan alat kesehatan

  • Rumah sakit tidak dapat beroperasi tanpa alat kesehatan
  • Alat kesehatan merupakan bagian dari rumah sakit yang harus ada
  • Alat kesehatan merupakan penunjang operasional rumah sakit
  • Alat kesehatan adalah jantung hidup rumah sakit

Jenis Alat Kesehatan Rumah Sakit

 

Kita semua mengetahui bahwa alat kesehatan di sebuah rumah sakit sangatlah banyak dan kompleks. Untuk memudahkan kita memahami bab ini, kita akan mengacu pada Kompendium Kemenkes RI tentang pembagian alat kesehatan. Disana disebutkan setidaknya ada tiga kategori alat kesehatan rumah sakit.

  • Alat kesehatan Elektromedik
  • Alat Kesehatan Non Elektromedik
  • Alat Kesehatan Diagnostik In Vitro

Jadi setidaknya ada tiga jensi alat kesehatan yang harus ada di sebuah rumah sakit sebagai sarana dan prasarana penunjang beroperasinya sebuah rumah sakit. Berikut akan dijelaskan tentang ketiga jenis alat kesehatan tersebut berikut beberapa contohnya.

 

Alat Kesehatan Elektromedik

 

Alat kesehatan yang berhubungan dengan Elektro atau listrik. Baik itu pengoperasianya maupun lebih spesifik ke teknis penggunaanya. Ada banyak sekali jenis alat kesehatan elektromedik ini. Biasanya alat elektromedik berukuran cukup besar dan berupa komponen komputer dan monitor.

 

Ultrasonografi (USG)

 

USG adalah sebuah alat yang digunakan untuk pencitraan bagian dalam atau organ tubuh manusia dengan menggunakan transmisi gelombang suara ultra. Alat ini digunakan diantaranya untuk melihat kondisi kandungan dan janin di dalam kandungan. Seelain itu alat ini juga digunakan untuk melihat organ hati, jantung, ginjal dan yang lainya.

 

Alat Kesehatan Non Elektromedik

 

Jenis alat kesehatan ini adalah kebalikan dari alat kesehatan Elektromedik. Alat kesehatan yang digunakan tanpa menggunakan energi listrik atau bisa juga disebut dengan istiilah manual. Jenis alat kesehatan ini juga tidak sedikit karena sebagian besar alat kesehatan di rumah sakit beroperasi dengan manual.

 

Di rumah sakit alat kesehatan ini biasanya adalah jenis disposable atau alat dengan pemakaian hanya sekali. Ada banyak sekali yang masuk dalam alat kesehatan non elektromedik.

 

Tensimeter Air Raksa

 

Pembaca tentu telah mengetahui tentang alat ini. Tensimeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur tekanan darah. Ada beberapa jenis tensimeter yang dikenal, pada dasarnya ada dua jenis tensimeter, tensi digital dan tensi manual. Tensimeter manual salah satu contohnya adalah tensimeter air raksa. Alat ini merupakan alat kesehatan rumah sakit non elektromedik

 

Alat Kesehatan Diagnostik In Vitro

 

Diagnostik in Vitro adalah alat kesehatan yang digunakan untuk melakukan diagnose sebuah penyakit. Atau mendiagnosa unsur zat yang ada di dalam darah, urin dan lainya untuk keperluan pemeriksaan. Berikut contoh alat kesehatan yang masuk dalam kategori ini.

 

Hematologi Analyzer

 

Salah satu alat kesehatan yang masuk dalam kategori ini adlah alat untuk mendiagnosa zat yang ada dalam darah. Hematology analyzer merupakan alat yang digunakan untuk pemeriksaan darah lengkap. Dengan alat ini dapat diketahui kandungan zat di dalam darah pasien sehingga diagnose terhadap sebuah penyakit dapat ditentukan dengan mudah.

 

Pembaca yang bijaksana, bagi anda yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut tentang  alat kesehatan rumah sakit, silahkan anda kunjungi gloryamedica.com. Distributor alat kesehatan standard rumah sakit yang melayani pengadaan alat kesehatan dan hospital furniture ke seluruh wilayah Indonesia.

 

Demikian sedikit informasi yang dapat kami sampaikan untuk pembaca sekalian. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat untuk anda dan bisa menambah wawasan kita semua tentang alat kesehatan. Nantikan tulisan kami selanjutnya tentang alat kesehatan dan tips kesehatan. Sekian dan terimakasih.

 

 

Comments: 0 (Discussion closed)
    There are no comments yet.